Geografi

>> 7.08.2009

1.Indonesia rentan bencana ,tetapi mengapa tidak siap menghadapi bencana?
•Karena belum adanya teknologi yang canggih,Indonesia juga belum mampu membeli beberapa peralatan atau teknologi untuk mendukung mengantisipasi adanya bencana.
•Selain itu pemerintah juga belum memasukkan unsure gempa dalam perencanaan pembangunan ,kurikulum anak-anak sekolah dan peraturan selama bertahun-tahun
•Untuk mendukung adanya itu yang lebih penting adalah adanya sosialisasi tentang cara mengantisipasi bencana pada masyarakat tanggap akan bahayanya bencana yang melanda Indonesia akhir-akhir ini.

2.Apa yang dimaksud dengan pembangunan yang berwawasan bencana?
•Keharusan bagi pemerintah daerah untuk menyusun tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana merupakan titik penting bagi pembangunan berwawasan bencana.

3.Gempa yang terjadi di Lempeng Eurasia dan Australia yang menghadap Samudra Hindia memang berpotensi menimbulkan tsunami.Menurut anda apa upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk meminimalisir adanya korban harta dan benda?
•Pemerintah sebaiknya mengurangi pembangunanyang kurang memperhatikan aspek lingkungan.Kondisi itu menimbulkan berbagai macam bencana yang menelankorban jiwa dan korban material.

4.Sebutkan dampak dari tidak dimasukkannya unsure gempa ke dalam perencanaan pembangunan dan kurikulum anak sekolah?
•Dampaknya adalah bila ada gempa mendadak pemerintah harus membuat peraturan terlebih dahulu dalam mengatur mengenai bantuan dan sebagainya.

5.Mengapa banyak kota di Indonesia yang dibangun di daerah rawan bencana?Apa dampaknya bagi kehidupan manusia?
•Karena tidak mengindahkan laporan potensi bencana yang sudah tersedia, padahal semua itu demi kemajuan pembangunan. Dampaknya kehidupan manusia tidak akan pernah tenang dan sejahtera sehingga selalu diliputi rasa takut akan datangnya bencana yang tidak terduga.

6.Solusi apakah yang anda lakukan apabila terjadi tsunami di daerah anda?
•Pertama-tama saya akan menyelamatkan diri terlebih dahulu.Lalu saya akan memulung bantuan untuk warga di daerah saya.Setelah kondisi di daerah saya sudah berangsur membaik saya akan menyalurkan pendapat saya melalui DPRD setempat agar daerah saya segera di perbaiki dan sebaiknya pemerintah memasukkan segala sesuatu tentang gempa ke dalam perda agar saat terjadi gempa masyarakat tidak kekurangan bantuan.

0 celotehan:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP